- ( Bareng Gus Is ) -

Rabu, 04 Februari 2015

SAID BIN MUSAYYIB



                            SAID BIN MUSAYYIB



Keturunan dan Nasab



Said bin Musayyib bin Khazn bin Abi Wahab bin Amru bin 'Aaidh bin Imron Bin Makhzum bin Yadhoh Abu Muhammad Al Qursy Al Makhzumy.

Beliau dilahirkan 2 (dua) tahun setelah Umar ra menjabat sebagai Kholifah, atau ada yang megatakan 4 (empat) tahun di Madinah.



Kemuliaan beliau dan Perjuangannya



Salam bin Miskin, Imron bin Abdulloh bercerita padaku, ia berkata: "Bahwa Said bin Musayyib memiliki harta kurang lebih 30.000 lebih di Baitul Mal, ia menafkahkannya, padahal ia telahn ditawari untuk diambil kembali, namun ia menolak dan berkata: "Saya tidak butuh uang itu sehingga Allah meghukumi aku dengan Bani Marwan.

Hammad bin Salamah: "Ali Bin zaid bercerita kepada Kami, dikatakan kepada Said bin Musayyi: "Kenapa Hajjaj tidak mengutus utusan kepadamu, tidak mengganggumu, tidak pula menyakitimu? Ibnu Musayyib menjawab: "Demi Allah Aku tidak tahu, namun pada suatu hari Hajjaj masuk dengan Bapaknya, lalu sholat dan tidak meyempurnakan ruku' dan sujudnya. Lalu Aku ambil kerikil, lalu aku ia dengan kerikil itu. Beliau kira bahwa Hajjaj berkata: "Setelah itu aku memperbagus sholatku".

Dalam kitab "At Thobaqot" milik Ibnu Musayyib, anak-anak Hisam bercerita kepada kami, Abdulloh bin Ja'far bercerita kepada kepadaku, Aabu Malih dari Maimun bin Mihron ia berkata: "Tatkala Abdul Malik (Amirul Mukminin) tiba di Madinah ia berkata: "Lihatlah! Apakaah di masjid salah satu dari Ahli Hadits kita?  Maka penjaga itupun keluar, sedangkan Ibnu Musayyib berada di halaqohnya, lalu penjaga itu berdiri supaya Beliau melihatnya, dengan mengisayaratkan dengan jari-jari tangannya, namun Ibnu Musayyib tidak meresponnya sedikitpun. Dalam hati penjaga itu berkata: "Orang itu tidak mau memperhatikan saya, mendekatlah ia kepada beliau, lalu memberikan isyarat lagi dan berkata: "Tidakkah tadi Anda melihatku, saat aku memberikan isyarat, Said berkata: "Apa maksud kedatanganmu? Penjaga itu berkata: "Tuanku bdul Malik menyuruhku supaya anda menemuinya. Said berkata: "Benarkah ia mengutusmu kepadaku? Ia berkata: "Tidak, tuanku hanya memerintahkan supaya melihat sebagian ahli Hadist kita, dan kebetulan aku tidak melihatnya kecuali anda. Said berkata: "Pergilah dan beritahukanlah aku bukanlah yang ia maksud, keluarlah ppenjaga itu dengan berkata: "Syaikh ini memang bener-bener sudah gila, lalu pergi dan mengabarkan kepada tuannya, maka Abdul Malik berkata: "Itulah Ssaid bin Musayyib, biarkanlah ia.

Ssualiman bin Harb dan Amru bin 'Asyim: "Sallam bin Miskin dari imron bin Abdulloh bin Tholhah al Khoza'I berkata: "Abdul Malik bin Marwan Mengaji, tatkala tiba di Madinah, ia berrdiri dipintu masjid lalu ia mengutus seorang kepada Said untuk memanggilnya dan jagan menghardiknya, maka utusan itu dan dan berkata: "Datangilah Amirul mukminin di depan pintu Masjid ia ingin berbicara denganmu.Said berkata: "Siapa yang butuh, aku atau Amirul Mukminin, kalulah aku yang butuh tentu aku yang akan  mendatanginya, pulanglah utusan itu, lalu ia kabarkan kepada tuannya, namun tuannya menyuruhnya kembali dan katakanlah kepadanya; "Seperti yang pertama tadi. Begitu juga Said menjawab dengan jawaban dengan yang tak berbeda dengan sebelumnya, penjaga itu berkata: "Jikalau sekiranya Tuanku maju sendiri karena ulahmu, tidaklah aku datang kecuali dengan kepalamu, Amirul Mukminin mengutusku kepadamu, namun kamu malah membalasnya dengan berkata begini! Lalu said berkata: "jikalau sekiranya ia mau berbuat kebaikan kepadaku, maka kebaikan itu untukmu juga, namun bila yang di inginkan Selain itu, maka tidaklah aku perkenankan langkahku sehingga ajal menjemputku. Maka utusan itu pulang dan menceritakan apa yang dikatakan oleh Said, lalu Abdul Malik berkata: "Semoga Allah merohmati Abu Muhammad".



Cobaan dan Ujian beliau



Dengan kelembutan jiwa dan tegarnya beliau dalam kebenaran, serta gigih dan istiqomahnya beliau dan memegang prinsip yang telah ia ucapkan, membuat banyak dari segenap penguasa yang tidak suka dengan perbutan beliau.

Pada suatu ketika Abdul Malik bin Marwan ingin memintanya untuk mendatanginya, namun tidak bisa, lalu ia mengutus 30.000 pasukan untuk membawanya, maka beliau berkata: "Aku tidak butuh

Dalam cerita lain juga disebutkan tentang ketegaran beliau dalam menjunjung tinggi kebenaran walupun hanya dia seorang. Diriwayatkan bahwa said bin Musayyib hendak menelisihi hati nuraninya dalam menentukan yang paling berhak untuk menjadi pemimpin, ia menahan diri dan berbait kepada Walid dan Salman. Lalu beliau lebih memilih untuk ditebas lehernya dari pada jatuh dalam kehinaan. Singkat cerita, Yahya bin said berkata: "Hisyam bin Ismail menulis suraat ke Madinah ditujukan kepada Abdul Malik bin Marwan: "Sesungguhnya penduduk Madinah  

Damroh bin robi'ah, Roja' bin Jamil ia berkata: "Abdur Rohman bin Abdil qori' berkata kepada Said bin Musayyib saat terjadinya pembaitan kepada Walid dan Sulaiman di Madinah: 'Sesunggunya aku tunjukkan kepadamu 3 (tiga) hal, Said berkata: "Apa itu? Ia berkata: "Lepaslah martabatmu, ia berkata: "Aku tidak akan merubah martabat yang telah aku bangun sejak 40 tahun. Lalu Abdur Rohman melanjutkan yang kedua: "Kamu keluar ke khalayak ramai (mencari dunia), Said berkata; "Aku tidak akan menginfaqkan hartaku dan menggunakan badanku terhadap sesuatu yang tidak aku niatkan, sambung kata said menanyakan yang ketiganya; "apa yang ketiga". Ia (Abdu Rohman) menjawab: "Bai'at", Said berkata: "Apa pendapatmu jika Allah membutakan Hatimu sebagaimana Allah telah membutakan matamu, (memang Abdur Roman orang yang buta). Lalu Roja' (perowi) berkata: "Lalu Hisyam bin Ismail menyerunya untuk bai'at namun beliau menolak. Hisyam menulis surat kepada Abdul Malik. Kemudian Abdul Malik membalas surat tersebut, "Ada apa denganmu dengan said? Selama masih ada sesuatu darinya kita benci, kalau kamu ingin, pukullalh 30 kali cambukan dan lucutilah pakiannya kecuali celana dalamnya, lalu araklah ia supaya tidak ada orang yang ingin mengikutinya. Keemudian Hisyam menyerunya namun, ternyata betul beliau tidak mau bahkan menolak tawaran, dengan berkata: "Aku tidak akan berbai'at untuk dua orang. Karena beliau menolak, maka Hisyam melaksanakan apa yang dipesankan oleh Abdul Malik.

                                   Di sunting oleh       :  Fikris Shofa Al Qudsy
                                   Di Rilis ulang oleh  : Gus Isqowi 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              



                                                                                                                                      

0 komentar:

Posting Komentar